Board Member

Vera Makki

Elvera N. Makki

President, IABC – Indonesia Chapter

Dipercaya oleh International Association of Business Communicators untuk mengepalai pengembangan profesi PR dan komunikasi di Indonesia, Vera menikmati perannya ini, bekerjasama dengan ratusan profesional PR dari berbagai puluhan negara. Ia meraih berbagai prestasi baik secara nasional maupun internasional di dunia komunikasi, leadership, women, maupun CSR/Sustainability. Saat ini Vera merupakan Founder dan CEO VMCS Public Relations.

Jean Niode

Jeanekewaty Sindy Niode

Director of Sponsorship and Events, IABC – Indonesia Chapter

Sebagai seorang profesional, Jeane tidak menemukan kesulitan dalam membangun komunikasi dan hubungan baik dengan individu dari beragam latar belakang. Untuk IABC, Jeane mendedikasikan waktu luangnya sebagai volunteer Sponsorship and Events.

Donna Priadi

Donna Priadi

Director of Strategic Partnership, IABC – Indonesia Chapter

Donna memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di industri energi serta Oil and Gas dengan berbagai posisi, mulai dari project engineer, commercial, business development, public relations, corporate communications, hingga corporate and government affairs. Saat ini, Donna merupakan Country Director Vriens & Partners. Ia berpendapat bahwa IABC merupakan komunitas yang tepat bagi nya karena memberikan begitu banyak kesempatan belajar, berpikir kritis, dan berjejaring.

Wing Antariksa

Wing Antariksa

Director of Professionals Development (Leadership), IABC – Indonesia Chapter

Wing Antariksa memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman bekerja di perusahaan lokal terkemuka, perusahaan milik negara, dan perusahaan multinasional, dengan fokus pada pengembangan sumber daya manusia dan kecerdasan organisasi. Dia mencapai posisi Dewan Direksi & Komisaris, saat ini dia menjalankan bisnisnya sendiri, penasihat bisnis untuk start-up, dan Mitra di sebuah perusahaan konsultan.

Distinguished Advisor

Emil Elestianto Dardak

Emil Elestianto Dardak

Distinguished Advisor, IABC – Indonesia Chapter

Emil Elestianto Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur, RI dan Presiden EAROPH International

Emil Elestianto Dardak (Emil) adalah pemimpin muda yang menjanjikan yang meraih gelar doktor pada usia 22 tahun di Jepang dan juga lulusan Universitas Oxford. Dipupuk dengan kemampuan public speaking dan komunikasi yang melebihi rata-rata, dalam sesi ini ia akan mengajak generasi muda untuk lebih sadar akan kelestarian dan memberikan contoh untuk mengambil tindakan nyata. Dia akan menggerakkan Anda dengan keterampilan persuasifnya yang luar biasa dan meyakinkan audiens dengan konten berbasis data.

Maria Wongsonagoro

Maria Wongsonagoro

Distinguished Advisor, IABC – Indonesia Chapter

Maria Wongsonagoro, Konsultan PR Berpengalaman dan Independen

Maria telah bekerja di bidang komunikasi dan hubungan masyarakat selama lebih dari 35 tahun, melayani beragam klien, termasuk perusahaan internasional, perusahaan multinasional, bisnis nasional, badan usaha milik negara, dan organisasi pemerintah. Dia juga menawarkan audit komunikasi dan membuat manual kebijakan dan prosedur komunikasi perusahaan untuk organisasi internasional, domestik, dan pemerintah. Maria adalah pakar dalam Komunikasi Masalah dan Krisis. Dalam Masterclass ini, dia akan berbagi dasar dan pengetahuan penting saat perusahaan menghadapi masalah dan krisis.

Adrian Cropley

Adrian Cropley, OAM, FRSA, IABC Fellow, SCMP

Distinguished Advisor, IABC – Indonesia Chapter

Adrian Cropley, OAM, FRSA, Rekan IABC, SCMP, Pendiri dan Mitra Pelaksana, Pusat Keunggulan Komunikasi Strategis

Dengan rentang karir lebih dari 30 tahun, Adrian telah bekerja dengan klien di seluruh dunia dari perusahaan Fortune 500, hingga start-up. Konsultasi, pelatihan, pembinaan dan menasihati eksekutif dan membangun departemen komunikasi berkinerja tinggi.

Adrian mendirikan Cropley Communication – agen komunikasi dan perubahan pemenang banyak penghargaan pada tahun 2004 dan pada tahun 2015 mendirikan Center for Strategic Communication Excellence. Adrian adalah ketua Komite Penasihat Industri untuk Sekolah Media dan Komunikasi RMIT.

Prita Kemal Gani

Dr. (H.C) Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR, FIPR

Distinguished Advisor, IABC – Indonesia Chapter

Dr. (H.C) Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR, FIPR / Pendiri dan CEO LSPR Institute of Communication and Business

Prita dikenal sebagai pengusaha progresif. Dia memiliki dan mengoperasikan sekolah Public Relations dan Communications yang terkenal, LSPR Institute Communication and Business, dan sekarang diakui sebagai sekolah komunikasi terbaik bangsa dengan kerja sama global dan kumpulan pengetahuan dari berbagai kampus internasional sebagai jaringannya. Sangat dihormati sebagai figur publik atas kontribusinya yang luar biasa di sektor pendidikan. Ia berperan penting dan menjadi motor penggerak dalam membangun ASEAN Public Relations – Network, sebuah platform untuk memfasilitasi konektivitas antara para pemimpin PR, praktisi PR, pendidik PR, dan lembaga PR. Dia juga seorang aktivis dalam mempromosikan kesadaran tentang autisme.

Advokasinya untuk menyediakan pusat pembelajaran bagi anak-anak dan dewasa muda dengan autisme telah membawanya untuk mendirikan London School Beyond Academy. Saat ini, Lembaga Komunikasi dan Bisnis LSPR merupakan lembaga yang dipercaya menjadi kantor sekretariat ASEAN Autism Network (AAN).

Asmono Wikan

Asmono Wikan (Founder and CEO of PR Group)

Distinguished Advisor, IABC – Indonesia Chapter

Asmono Wikan terpilih sebagai Anggota Dewan Pers 2022 – 2025 mewakili unsur pimpinan perusahaan pers. Karier pria yang menggemari travelling dan mendengarkan musik ini, diawali pada 1997 dengan bekerja di perusahaan periklanan Matari Advertising di divisi penerbitan media bernama majalah CAKRAM, setelah lulus sarjana sosial dari Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Diponegoro, 1997. Pada Oktober 2005, Asmono bergabung menjadi Direktur Eksekutif Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat, hingga akhirnya pada Februari 2019 ia didapuk menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) hingga sekarang.

Perjalanan karirnya banyak bersinggungan dengan ekosistem periklanan dan public relations (PR), disamping tentu saja ekosistem pers. Sejak 2015 hingga saat ini, Asmono juga mengelola media komunitas kehumasan, PR INDONESIA. Selama pandemi, Ia aktif bermain podcast dan menerbitkan buku melalui payung MAW Talk, antara lain “Bergerak: Mengakrabi Disrupsi, Menciptakan Peluang” (Juli 2020), “Public Relations 6.0: Hati, Reputasi, Pandemi” (Maret 2021), dan “Energi Kebaikan & Komunikasi Empatik” (Agustus 2021). Kini, Asmono tengah menyelesaikan Studi S2 di MIKOM, Fisip, UPN Veteran Yogyakarta.

Usman Kansong

Distinguished Advisor, IABC – Indonesia Chapter

Usman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Republik Indonesia.

Sejak tahun 2000, bekerja di Metro TV (2000-2009) dengan jabatan terakhir News Current Affairs Manager. Sejak 2009 hingga 2020 bekerja di Harian Media Indonesia, dengan posisi terakhir direktur pemberitaan. Pernah juga mengajar di sejumlah perguruan tinggi swasta.

Tercatat sebagai board Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (Sejuk) dan pernah mendapat beasiswa Chavening di London dan Skotlandia pada 2003. Juga mendapat fellowship dari East-West Center, Honolulu, Amerika Serikat. Selain itu pernah berpartisipasi dalam “people to people diplomacy” yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia di Rusia dan Belarusia (2015) dan Amerika Serikat (2016).

Tim

Etienne

Etienne

Communication Officer, IABC – Indonesia Chapter