Sejarah Humas
IABC id Tidak ada komentar

Profesi Humas merupakan salah satu profesi tertua dalam sejarah dunia. Sejarah humas dimulai pada pertengahan 1800-an dengan manajer sirkus dan penghibur bernama Barnum. Dikatakan bahwa Barnum adalah seorang ahli dalam publisitas dan ahli dalam pertunjukkan, ia mempromosikan dengan sukses penyanyi Eropa bernama Jenny Lind. Sebelum mendarat di Amerika, Jenny adalah bintang besar yang menjual stadium dan tidak ada yang pernah mendengarnya menyanyikan satu nada pun.

Barnum melihat popularitas Jenny Lind, “Swedish Nightingale”, selama tur Eropa dengan Tom Thumb, ketika karir bertaraf Eropa berada di puncaknya. Dia yakin bahwa reputasi Lind untuk moralitas dan filantropi dapat digunakan untuk pemasaran yang menarik. Ia berhasil meyakinkan seorang pendeta Philadelphia bahwa Lind akan memiliki efek positif pada moral Amerika, dan pendeta itu meminjamkan sisa uangnya sebesar $6.000 kepadanya. Kontrak tersebut juga memberikan Lind pilihan untuk pensiun dari tur setelah 60 atau 100 pertunjukan, dalam hal ini dia akan membayar Barnum $50,000.

Menyadari berapa banyak uang yang akan diperoleh Barnum dari tur, Lind menyetujui kontrak baru yang ditandatangani olehnya pada 3 September 1850. Ia memutuskan untuk mengumpulkan uang sebanyak mungkin untuk amalnya. Tur dimulai dengan konser di Castle Garden pada 11 September 1850 dan sukses besar, menghasilkan empat kali lipat dari investasi yang ditanamkan. Pada awal tahun 1851, Lind menjadi tidak senang dengan tawaran tur Barnum yang tiada henti, dan dia telah menggunakan hak kontraktualnya untuk memutuskan hubungannya dengan Barnum. Lind telah melakukan 93 konsernya di Amerika Serikat untuk Barnum, dan meskipun ia telah memperoleh sekitar $350,000, penghasilan Barnum setidaknya $500,000 (pada tahun 2021 diperkirakan nilainya setara sekitar $16,286,000).

Pada tahun 1901, perusahaan konsultan hubungan masyarakat (Humas/PR) pertama didirikan di Amerika Serikat bernama The Publicity Bureau. Dimulai oleh tiga orang, tetapi perusahaan ini hanya bertahan selama kurang lebih 12 tahun dan apa yang telah mereka capai menjadi panutan bagi begitu banyak perusahaan PR masa kini yang juga dapat kita gunakan sebagai contoh untuk masa depan seperti Edelman, Weber Shandwick , Ogilvy, dan lain-lain.

Sejarah Humas

Kantor The Publicity Bureau pertama di Amerika Serikat pada tahun 1901.

Saat ini humas berkembang lebih dari sekedar publisitas, tetapi juga terdiri dari manajemen reputasi perusahaan, reputasi perusahaan klien, komunikasi krisis, media sosial dan begitu banyak aspek yang berbeda tidak hanya untuk promosi tetapi juga manajemen reputasi. Gaya hidup konsumen saat ini memiliki disiplin ilmu yang berbeda-beda, misalnya PR olahraga atau PR mobil. Ada begitu banyak disiplin ilmu yang berbeda dalam hubungan masyarakat saat ini dan industri humas akan terus berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.